Pemberi dan Penerima Suap Divonis 2 bulan
By entitas On 4 Sep, 2013 At 02:34 AM | Categorized As Nasional, News | With 0 Comments

Pemberi dan Penerima Suap Divonis 2 bulanEntitashukum.Online – 17 Juli 2012 Paino mengurus kayu rakyat atau surat keterangan sah kayu bulat kayu rakyat (SKSKB-KR) ke Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul, saat pengurusan ini dia menyelipkan uang Rp 120 ribu untuk Saidi pegawai Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul sebagai uang pelicin agar segala urusan cepat selesai.

Akibat dari perbuatannya menerima uang suap dari Paino sebesar Rp. 120 ribu, Saidi harus menghadapi persidangan karena  telah melanggar Pasal 11 jo 12 a ayat 2 Undang-undang nomor 31 1999 sebagaimana diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan undang-undang nomor 31 tahun 199 tentang tindak pidana korupsi secara sah dan meyakinkan. Saidipun di vonis dengan hukuman penjaran 2 bulan penjara dan denda Rp 2 juta subsider 1 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Yogyakarta.

“Terdakwa sebagai pegawai negeri tidak memberi contoh yang baik, juga tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,” kata Arini, ketua majelis hakim yang menyidangkan kasus ini di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Yogyakarta, Selasa 3 September 2013.

Dua anggota majelis hakim yaitu Sri Mumpuni dan Samsul Hadi dengan tegas memvonis Saidi. Vonis Saidi ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa pada sidang sebelumnya. Jaksa menuntut dia pidana penjara 6 bulan dan denda Rp 7,5 juta.

Melalui kuasa hukumnya Saidi menyatakan keheranannya dan menyatakan bermusyawarah dulu soal banding atau tidak. Ia menyatakan, kliennya saat diinterogasi  mendapat ancaman akan distrum dari polisi hingga manut saat penyidik mengarahkan kasus ini menjadi kasus suap.

“Ada waktu 7 hari untuk memutuskan banding atau tidak. Kami masih rembugan,” kata dia.

Sedangkan Paino selaku pemberi suap juga sudah divonis penjara selama dua bulan dipotong masa tahanan. Keduanya pernah ditahan di ruang tahanan Kepolisian Resor Gunungkidul selama 18 hari.

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



7 − = 3